Cara Mudah Agar Tubuh Sehat Dengan Jogging

Transisi epidemiologi penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular di Indonesia mulai meresahkan warga. Pasalnya penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif merupakan penyakit yang berbahaya bahkan dapat mematikan. Penyakit tersebut timbul karena gaya hidup yang tidak sehat seperti malas berolahraga, konsumsi makanan cepat saji, konsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Sebenarnya penyakit degeneratif dapat dicegah yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat.

Jogging Cara Sederhana Agar Tubuh Tetap Sehat

Pola hidup sehat mulai digalakkan oleh pemerintah dewasa ini. Hal tersebut dikarenakan pola hidup sehat dinilai mampu untuk mencegah penyakit degeneratif. Pola hidup sehat terdiri dari makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, mengelola stres, membatasi konsumsi garam dan gula, serta menghindari konsumsi rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang.

Jogging adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh selalu sehat. Dengan melakukan jogging secara baik dan benar maka Anda dapat menjaga kesehatan jantung, peredaran darah, melancarkan pernapasan, hingga melatih kebugaran otot dan rangka. Berikut adalah cara melakukan jogging yang baik:

  • Lakukan Pemanasan

Sebelum melakukan pemanasan, Anda sebaiknya melakukan pemanasan. Dengan melakukan pemanasan maka otot dan sendi-sendi kita akan lebih siap untuk berolahraga. Apabila kita melakukan olahraga termasuk jogging tanpa melakukan pemanasan maka akan fatal akibatnya, yaitu dapat terjadi cedera, nyeri sendi, otot ngilu atau bahkan cedera serius lainnya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemanasan sebelum jogging untuk menghindari terjadinya cedera.

  • Gerakan Tubuh

Gerakan tubuh sewaktu melakukan jogging harus selaras dan seimbang. Kepala diluruskan ke depan, dan rahang serta leher harus rileks. Bahu juga harus dalam keadaan rileks dan tegak. Tubuh diusahakan terlalu tegak dan membungkuk, buka dada agar paru-paru lebih maksimal dalam bernafas. Selain itu, usahakan agar tangan mengayun dengan santai dan rileks.

  • Lakukan Pendinginan

Setelah melakukan jogging, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pendinginan. Pendinginan dilakukan bertujuan untuk melemaskan otot dari ketegangan yang terjadi ketika proses jogging. Pendinginan sebaiknya dilakukan sesaat setelah melakukan kegiatan olahraga dan dapat berupa kegiatan peregangan otot-otot dan sendi yang digunakan. Sebaiknya untuk menghindari terbentuknya varises maka Anda tidak boleh untuk menekuk kaki Anda setelah melakukan jogging. Hal tersebut bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah timbulnya pembentukan varises.

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan jogging agar tubuh tetap bugar dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan porsi Anda melakukan jogging dengan kondisi tubuh Anda. Bagi pemula, jangan terlalu memaksakan porsi jogging yang terlalu berat. Hal tersebut dikarenakan  tubuh masih belum siap untuk melakukan olahraga yang berat. Lakukan jogging secara teratur untuk hasil yang lebih optimal. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.