Ayo Para Calon Ibu, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anda

Kehamilan adalah sebuah proses yang dinanti-nantikan oleh setiap wanita yang telah menikah. Kehamilan juga merupakan proses yang sangat indah dan menyenangkan, dimana akan ada jabang bayi yang hidup di dalam perut kita dan meneman hari-hari kita selama 9 bulan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para calon ibu, agar bisa segera hamil. Salah satunya adalah dengan memenuhi berbagai nutrisi.

Zinc adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan. Bagi wanita, zinc dibutuhkan untuk meningkatkan produksi hormon estrogen dan progesteron. Jika mengalami kekurangan zat ini, maka kadar hormon pada wanita menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi berbagai bahan makanan yang banyak mengandung zinc seperti daging sapi, kacang-kacangan, kepiting, lobster, serta berbagai produk susu.

Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 adalah salah satu komposisi dalam vitamin penyubur kandungan. Coenzyme Q10 ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Untuk Anda yang sedang dalam program hamil, maka Anda dapat mengonsumsi 30-200 mg dalam waktu satu hari. Untuk mengonsumsi vitamin ini, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang penting bagi para calon ibu dan ibu hamil. Kandungan ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim secara sempurna, dan juga berperan dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Anda dapat memperoleh nutrisi asam folat ini dari sayuran hijau seperti selada dan bayam, buah jeruk, kacang-kacangan, dan juga aneka biji-bijian.

Kalsium

Bagi para calon ibu, kalsium adalah nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari. Sebab, bagi wanita hamil kalsium juga wajib dipenuhi sekitar 1.000 mg setiap hari. Kalsium sangat penting bagi perkembangan hati, otot, tulang, dan gigi pada janin. Anda dapat memperoleh nutrisi berupa kalsium ini dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan kacang panjang dan juga beragam produk olahan susu, seperti, keju dan yoghurt.

Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi yang sangat penting dan berperan dalam terbentuknya hemoglobin. Kekurangan zat besi ini akan mengakibatkan anemia atau kekurangan sel darah merah. Jika Anda mengalami anemia maka proses transfer oksigen dalam darah akan mengalami hambatan sehingga sel telur akan melemah. Oleh karena itu, para calon ibu wajib memenuhi kebutuhan zat besi setiap hari. Zat besi dapat diperoleh dari daging sapi, hati ayam, dan juga sayuran hijau.