Cara Menghindari Salah Kirim Pengiriman Paket

Saat kita melakukan tracking JNE terkadang barang yang kita kirim telah sampai tujuan namun nyatanya belum kita terima. Hal ini membuat kita kesal baik kepada agen jasa pengiriman paket atau pada pengirim paket tersebut. Padahal kita tidak tahu sebenarnya kesalahan itu terjadi pada pengirim atau jasa pengirimnya.

Bagaimana Cara Menghindari Salah Kirim Dalam Pengiriman Paket?

Untuk menghindari kesalahan ini kita harus memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai kita langsung memaki pihak pengirim maupun agen jasa pengirim tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari salah kirim dalam pengiriman paket.

Pertama, cantumkan tujuan dengan jelas dan benar. Kita cantumkan lokasi tujuan yang valid, mulai dari gang, lokasi RT atau RW, nama desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Jangan sampai ada yang salah, kita juga harus mencantumkan nomor Hp tujuan. Semua informasi tersebut bisa juga kita muat atau cek saat tracking JNE, jika kurang sesuai kita bisa hubungi pihak JNE.

Kedua, cantumkan nama panggilan yang banyak diketahui oleh tetangga sekitar. Kita bisa mencantumkan nama akrab kita di lingkungan di sebelah nama asli kita. Terkadang rumah kita sulit untuk dicari, maka dari kurir menanyakan keberadaannya kepada orang yang ada di sekitar lokasi tersebut.

Ketiga, cantumkan kode pos dengan benar. Terkadang lokasi yang dituju memiliki nama yang sama dengan lokasi yang lain. Maka dari itu kita diharuskan mengisi nomor kode pos dengan benar. Karena kode pos ini hanya dimiliki oleh daerah tersebut dan berbeda dengan kode yang lain.

Bagaimana Jika Tiga Hal Tersebut Telah Dilakukan Dan Barang Belu Juga Sampai Ke Tujuan?

Jika ketiga hal telah dilakukan dan barang belum juga sampai tujuan, kita bisa langsung menghubungi pihak JNE tempat kita melakukan pengiriman paket. Kita bisa melakukan komplain, jika ternyata komplain di terima dan dari pihak JNE yang bersalah. Maka pihak JNE tersebut yang bertanggung jawab dengan barang yang dikirim tersebut.  Jadi lakukan tracking JNE secara berkala untuk memastikan keberadaan barang yang kita kirim.