Cara Terbaik Mengatasi Masalah Insomnia

Tidur merupakan salah satu nikmat yang harus disyukuri. Jika Anda termasuk orang yang dapat tidur dengan nyenyak, maka Anda patut bersyukur. Namun jika Anda termasuk orang-orang yang memiliki kesulitan dalam hal tidur, maka Anda perlu mengatasinya dengan segera. Hal tersebut karena kualitas tidur yang baik dapat mempengaruhi kualitas kegiatan Anda.

Mengatasi Insomnia Secara Sehat

Insomnia merupakan kondisi dimana tidur tidak dapat nyenyak atau kesulitan dalam tidur. Seseorang yang terkena insomnia dapat bangun lebih pagi, bangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Kondisi insomnia dapat membuat seseorang merasa lelah sepanjang hari, sulit berkonsentrasi dan mudah marah. Jika keadaan tersebut terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Masalah kesehatan yang mungkin menghampiri yaitu obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, cemas dan depresi.

Jika Anda terindikasi mengalami insomnia, maka Anda perlu mengubah gaya hidup Anda agar lebih baik. Hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak adalah dengan tidur secara teratur. Tidur teratur dapat membuat tubuh bekerja lebih optimal. Agar tidur malam Anda tidak terganggu, maka sebaiknya jangan tidur siang lebih dari dua puluh menit. Hal lain yang dapat Anda lakukan agar dapat tidur dengan nyenyak adalah membuat kondisi ruangan kamar yang nyaman.

Tempat tidur Anda sebaiknya jauh dari cahaya matahari berlebih. Semua jenis alat elektronik seperti Hp, komputer dan yang lainnya yang memancarkan cahaya, sebaiknya dihindarkan dari tempat tidur agar otak tetap terjaga. Jika Anda masih kesulitan tidur, maka Anda dapat mandi air hangat terlebih dahulu sebelum berangkat tidur. Anda juga dapat melakukan kegiatan seperti membaca buku atau melakukan olahraga ringan sebelum berangkat tidur.

Jika hendak tidur, sebaiknya Anda menghindari makanan berat. Jika Anda merasa lapar, sebaiknya cukup dengan makan camilan ringan seperti biskuit atau dengan meminum susu hangat. Jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik maka sebaiknya Anda perlu menghindari alkohol, nikotin dan kafein. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah dengan mengondisikan ranjang hanya sebagai tempat tidur. Ranjang tidak digunakan sebagai tempat membuat tugas atau yang lainnya, agar kualitas tidur Anda nyaman.