Fakta Mengenai Pori-Pori Wajah Yang Perlu Diketahui

Pori-pori wajah erat kaitannya dengan tingkat kehalusan wajah. Semakin kecil pori kulit, maka akan semakin nampak halus wajah tersebut. Namun sebaliknya, jika pori melebar, maka kulit wajah akan terlihat kurang menarik. Bagi Anda yang mengalami pori kulit lebar, maka Anda dapat melakukan berbagai cara menghaluskan wajah baik secara alami maupun modern.

Fakta Tentang Pori-Pori Kulit

Ketika wajah masih polos atau tanpa makeup, memang akan terlihat keaslian penampakan kulit wajah kita. Pori-pori kulit juga dapat terlihat dengan jelas. Pori-pori kulit yang merupakan tempat tumbuhnya folikel rambut ini, berfungsi untuk memproduksi minyak. Selain itu ada beberapa fakta menarik tentang pori-pori kulit.

Pori Kulit Membesar Jika Ada Kotoran Yang Tersumbat

Banyak yang tidak menyadari jika penyebab dari pori kulit yang membesar adalah adanya kotoran serta minyak yang tersumbat di dalamnya. Itulah sebabnya pori-pori hidung, pipi, dan kening akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan bagian yang lain. Hal ini disebabkan karena area tersebut memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan area yang lain. Oleh karena itu, jika pada area tersebut terkena debu atau kotoran dan kemudian terperangkap. Maka akan menyebabkan pori kulit semakin membesar. Anda dapat melakukan cara menghaluskan wajah sekaligus memperkecil pori kulit.

Pori Membesar Seiring Bertambahnya Usia

Semakin bertambahnya usia, maka kulit juga semakin mengalami penuaan. Ketika menua, maka produksi kolagen akan semakin menurun serta kinerjanya juga semakin melambat. Kolagen adalah jaringan protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit. Jika produksi kolagen semakin menurun, kulit akan semakin kendur. Sehingga mengakibatkan pori-pori akan semakin terlihat nyata.

Menyamarkan Pori Dengan Eksfoliasi

Salah satu penyebab dari pori kulit yang melebar adalah karena minyak dan kotoran yang terperangkap dalam pori kulit. Oleh karena itu Anda perlu melakukan deep cleansing dan membersihkan wajah dengan maksimal. Untuk mengeluarkan kotoran serta minyak yang terperangkap di dalam pori wajah, Anda tidak dapat hanya mengandalkan sabun pembersih wajah saja. Anda juga harus rutin menggunakan scrub untuk hasil yang maksimal. Anda dapat melakukan berbagai cara menghaluskan wajah sekaligus memperkecil pori kulit.