Hentikan Penggunaan “Cotton Buds” Saat Membersihkan Telinga

Sering kali Anda merasa terganggu karena kotoran dalam telinga Anda yang menumpuk sehingga mengurangi daya pendengaran. Maka tidak jarang Anda menggunakan benda yang disebut cotton buds ini untuk membersihkan telinga Anda. Namun, jangan salah ternyata alih-alih membuat telinga Anda bersih, penggunaan cotton buds ini malah berdampak buruk bagi telinga Anda. Berikut bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan cotton buds saat membersihkan telinga.

Gangguan Pendengaran

Salah satu bahaya penggunaan cotton buds adalah gangguan pendengaran. Jika Anda mengorek telinga Anda dengan cotton buds dan terus mendorongnya ke dalam maka akan mengakibatkan kotoran terdorong masuk ke dalam sehingga akan mengganggu atau menyumbat telinga Anda dan akibatnya kemampuan pendengaran Anda akan menurun karena gelombang suara tidak tersalurkan dengan baik.

Pendarahan Pada Telinga

Penggunaan cotton buds juga dapat mengakibatkan pendarahan pada telinga Anda jika Anda mengorek telinga Anda dengan keras maka cotton buds tersebut akan membuat permukaan kulit pada telinga Anda menjadi iritasi dan lebih parahnya dapat menimbulkan pendarahan pada telinga Anda.

Merusak Gendang Telinga

Bahaya cotton buds yang terakhir adalah dapat merusak gendang telinga. Penggunaan cotton buds untuk membersihkan kotoran telinga mengakibatkan kita sering kali mendorong cotton buds hingga ke dalam agar telinga benar-benar bersih dari kotoran. Namun, jangan salah cotton buds tersebut dapat mengenai gendang telinga saat Anda mengorek telinga karena jarak gendang telinga dengan lubang telinga yang hanya beberapa cm saja. Jika hal ini terjadi dapat mengakibatkan telinga berdenging dan parahnya dapat mengakibatkan kerusakan gendang telinga (ketulian).

Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk membersihkan kotoran dalam telinga Anda, sebaiknya Anda menghindari penggunaan cotton buds. Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan telinga Anda yaitu: membersihkan dengan air sabun atau air garam saat mandi kemudian menyeka telinga bagian luar Anda dengan pelan menggunakan lap bersih. Namun, jika cara ini tidak efektif untuk membersihkan kotoran telinga Anda yang sudah menumpuk, maka lebih baik Anda mengunjungi dokter THT untuk membersihkan telinga Anda.