Tips Lancar Kredit Mobil Bekas

Kebutuhan akan kendaraan beroda empat memang disambut dengan penuh semangat oleh beberapa perusahaan penyedia jasa kredit mobil baik itu leasing maupun bank. Hal ini dapat kita lihat semakin banyaknya leasing, bak jamur di musim hujan. Beberapa leasing tersebut ada yang menawarkan kredit mobil baru atau mobil bekas. Meskipun yang Anda beli adalah mobil bekas, Anda tetap harus memperhatikan hal-hal berikut agar angsuran mobil Anda tidak macet.

Perhatikan Kondisi Mobil

Membeli mobil bekas memang butuh sangat kehati-hatian. Sebab kita tidak tahu persis seperti apa penggunaannya yang terdahulu. Selain itu, kondisi mesin, bodi, dan juga perlengkapan lainnya yang memang membutuhkan keahlian dan ketelitian dalam memeriksanya. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka Anda dapat meminta bantuan teknisi mobil untuk memeriksa secara benar kondisi mobil tersebut. Jangan sampai Anda mengalami kerugian yang terlalu besar saat membeli mobil tersebut.

Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan dengan baik ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil bekas secara kredit, maka Anda perlu mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Agar Anda mampu membayar cicilan setiap bulannya. Jangan lupa untuk menyediakan anggaran spontan seperti membayar biaya servis mobil. Sebab biasanya mobil bekas cenderung lebih “rewel” dibandingkan mobil baru.

Mematuhi Aturan Bank Atau Leasing

Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil bekas ke leasing atau bank, maka Anda wajib untuk mematuhi aturan yang ada. Usahakan untuk selalu membayar cicilan tepat pada waktunya. Sebab, jika Anda sering terlambat dan mengalami tunggakan dalam pembayaran angsuran, maka bisa jadi nama Anda akan masuk dalam daftar blacklist Bank Indonesia.

Uang Muka Yang Maksimal

Pemerintah telah menentukan batasan uang muka yaitu minimal 25 hingga 30 persen dari harga jual yang telah disepakati bersama. Namun, jika Anda memiliki anggaran lebih dari nominal tersebut, maka sebaiknya Anda gunakan anggaran tersebut untuk uang muka yang maksimal. Sebab, dengan memberikan uang muka maksimal, maka cicilan Anda pun akan menjadi lebih ringan. Dengan cicilan yang lebih ringan, kemungkinan untuk mengalami tunggakan akan lebih minimal. Untuk mendapatkan mobil Toyota dengan berbagai promo menarik, Anda dapat mengunjungi https://toyotaserpong.id.